Multimedia Production, Training & Consulting

Friday, June 02, 2006

Penawaran Program Media Publikasi


Pendahuluan
Pesta demokrasi di Indonesia, mulai akan digelar kembali. Kali ini bukan pemilihan presiden atau wakil presiden juga bukan wakil rakyat, namun kali ini demokrasi di gelar untuk memilih pimpinan daerah. Tentu saja pemilihan kali ini memiliki nilai historis bagi perjalanan demokrasi Indonesia, sebab baru kali ini pemilihan pimpinan daerah akan berlangsung secara langsung, dalam arti seorang pimpinan daerah dipilih oleh rakyat berdasarkan aspirasi dan keinginan mayoritas rakyat. Kondisi ini sebagai realisasi dari kebijakan pemerintah tentang otonomi daerah.

Tentu saja, seorang pimpinan kepala daerah yang terpilih haruslah ia yang populis di mata masyarakat, sebab yang dipertaruhkan untuk terpilihnya sebagai pimpinan pada saat ini bukan karena unsur kedekatannya dengan pemimpin pusat, atau karena karir politiknya di sebuah partai politik, melainkan kedekatannya dengan masyarakat. Pelibatan masyarakat dalam pemilihan kepala daerah ini tentu saja berimplikasi terhadap mekanisme pemilihan dan sudut pandang strategi yang harus diperhatikan oleh seorang kepala daereah untuk memenangkan perhelatan.

Pada proses pemilihan ini, cukup sederhana apa yang diinginkan oleh masyarakat, yakni bagaimana masyarakat mengetahui lebih jauh tentang calon yang kelak akan menjadi pemimpinnya. Ada sebuah peribahasa yang mengatakan “Tak kenal maka tak sayang”. Kalau masyarakat tidak mengenali calon pemimpinnya bagaimana masyarakat akan sayang dan memilih?. Dalam hal ini masyarakat ingin mengetahui bagaimana visi, misi, strategi yang dimiliki oleh seorang calon kepala daerah. Tremasuk strategi pembangunan yang disiapkan untuk membangun daerah lebih jauh dan mengatasi permasalahan-permasalahan yang di alami masyarakat dewasa ini.

Dalam proses sosialsisasi dan komunikasi program inilah seorang calon pimpinan kepala daerah dalam proses demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) membutuhkan media informasi komunikasi dan sosialisasi. Media ini perlu dirancang dan didesain sehingga mampu secara efektif merepresentasikan program dari seorang kepala daerah, dengan demikian media ini secara persuasif mampu menggugah masyarakat untuk berpartisipasi memilih calon yang dikehendaki. Media yang mampu mengakomodasi untuk tujuan sosialisasi ini adalah film/video profil calon kepala daerah, program presentasi melalui komputer dan liflet. Semuanya berisi program seorang calon kepala daerah.
Tujuan dan Manfaat

  1. Memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui media film/video dan liflet tentang visi, misi dan strategi pembangunan yang dicanangkan oleh calon kepala daerah.
  2. Melalui tayangan film/video dan liflet mampu menggugah masyarakat dan memberikan penyadaran untuk memilih calon kepala daerah yang sesuai dengan hati nurani masyarakat.
  3. Sebagai sarana informasi dalam kegiatan kampaye, presentasi di setiap daerah, di setiap kesempatan kampanye, sosialisasi di hadapan dewan dan tokoh-tokoh penting lainnya.
  4. Melalui kekuatan audiodan visual melalui film, serta informasi padat singkat dan komprehensif melalui liflet, mampu memberikan informais yang lebih persuasif, dan akurat bagi masyarakat.

Jenis Media
Jenis media yang efektif sebagai sarana komunikasi dalam rangka sosialisasi program calon kepala daerah ini adalah :

Video/Film Company Profile Calon kepala daerah. Program ini berdurasi 20-35 menit berisi secara detasil mulai dari : kurikulum vitae calon kepala daerah, visi dan misi, strategi pembangunan, strategi untuk mengatasi masalah sosial, budaya yang di alami masyarakat dan informasi-informasi lain yang sekiranya perlu untuk ditampilkan.

Ketentuan :
Dibuat dengan animasi video yang manarik, resolusi yang tepat, visualisasi yang representasi, berdurasi 20-35 menit, dilengkapi dengan logo extra buper dengan teknologi 3dimensi, klip-klip lokal yang digemari oleh masyarakat.Jumlah CD yang akan diberikan 1000 kepng.

Media Presentasi Berbasis Komputer
. Media ini berbentuk program (software) presentasi yang berisi : kurikulum vitae calon kepala daerah, visi dan misi, strategi pembangunan, strategi untuk mengatasi masalah sosial, budaya yang di alami masyarakat dan informasi-informasi lain yang sekiranya perlu untuk ditampilkan. Media ini secara khusus dapat digunakan sebagai alat bantu penyajian bagi calon kepala daerah pada saat presentasi.
Ketentuan :
Berbentuk software berupa CD program presentasi bersifat multimedia, jumlah caption dan gambar disesuaikan dengan kebutuhan. Dapat digunakan dengan mudah pada saat presentasi oleh calon kepala daerah.

Liflet Calon Kepala Daerah. Liflet ini dibuat dengan resolusi gambar yang tinggi dengan teknologi digital printing terbaru, sehingga memiliki tampilan sangat menarik, warna disesuaikan dengan kebutuhan, objek jelas, pesan komunikatif, simpel dan praktis. Liflet ini berisi : visi dan misi, strategi pembangunan, strategi untuk mengatasi masalah sosial, budaya yang di alami masyarakat dan informasi-informasi lain yang sekiranya perlu untuk ditampilkan dalam liflet
Ketentuan :
Ukuran dapat ditentukan sesuai dengan keinginan misalnya (A4, A3, A1 dan A0).
Anggaran Penawaran
1. Pembuatan Film/ Video

  • Pra-Produksi : pembuatan naskah, skript dan shooting skrip, Pengumpulan bahan, perizinan chasiting……………….Rp. 25.000.000
  • Produksi : actual shooting, rekaman audio Sinkronisasi, pembuatan visual effect…………………..Rp. 25.000.000
  • Pasca Produksi : editing, penyuntingan gambar Pembuatan mastering, finishing Sub Total...………………..Rp. 50.000.000,

2. Pembuatan Program Komputer Presentasi :
(Desain templet, pengumpulan bahan, programing Desain grafis, animasi) Rp. 10.000.000,-

3. Pembuatan Liflet :
(Desain grafis, setting, layout, pencetakan sebanyak 10.000 @ Rp. 1500.-Rp. 40.000.000,-

Dengan demikian, total biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan film/video, Komputer Presentasi, dan Liflet adalah Rp. 100.000.000,- (Seratus juta rupiah)



Cepi Riyana, M.Pd,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home